KLJ (Kamera Lubang Jarum / Pinhole Cam)

Sebuah kamera yg sangat unik dan dapat kita ciptakan sendiri . Budget ? untuk KLJ atau Pinhole cam ini cukup menggunakan Budget yang rendah . Hasil ? tentu saja tak kalah dengan kamera digital atau kamera kamera moderen yang lain .

Sebenarnya ini sebuah pengalaman baru bagi saya mempelajari tentang kamera yang satu ini,yaitu kamera lubang jarum.Jujur saya baru pertama kalinya mengetahui adanya kamera sederhana yang begitu unik seperti ini.Selama ini saya biasa menggunakan kamera yang kata orang kebanyakan bisa dibilang canggih dan modern,yaitu kamera digital di handphone.Namun berbeda rasanya saat saya untuk pertama kalinya mendapat kesempatan yang bagus untuk dapat menggarap kamera lubang jarum bersama teman-teman kelompok saya.hal pertama yang saya bisa ucapkan adalah "wow....unik sekali.....dan cukup menarik...".Kamera lubang jarum cukup membuat saya kagum karena hanya dengan kesederhanaannya bisa menghasilkan jepretan gambar yang lumayan bagus meski tak sehebat kamera-kamera pabrikan yang jelas lebih canggih,karena sejatinya kamera lubang jarum yang saya ketahui tak berlensa berbeda dengan kamera-kamera pabrikan yang memiliki lensa yang dapat mempertajam dan memperjelas gambar.

Saat awal membuat kamera lubang jarum ini,memang ada beberapa kesulitan yang saya temui mulai dari saat pembuatan sampai pengambilan gambar.Pada saat proses pembuatan kamera(proses perakitan),saya dan kelompok saya pertama-tama membuat lubang pada tempat korek api batangan sebesar 2,4 cm yang kemudian dicat hitam pada bagian dalamnya dan lubang untuk masuk cahaya pada cover tempat korek apinya.Saya sempat mengalami sedikit kesulitan untuk membuat pemutar pada roll film,saat membaca panduan dari sumber,harus menggunakan pembuka tutup kaleng minuman,namun ternyata posisinya tidak pas,akhirnya saya dan kelompok saya hanya membuat versi manual yang diputar langsung dengan jari,lumayan sulit namun menarik.Kemudian untuk lubang jarumnya yang ditempatkan pada potongan lembaran kaleng bekas minuman harus diamplas tipis,dan saya sempat beberapa kali terlalu kuat mengamplas sehingga ada yang permukaannya tidak data dan sempat bengkok tertekuk karena terlalu kuat mengamplas,kata teman-teman saya memang butuh kesabaran,dan juga ketelitian yang lebih.dan berikut ini adalah gambar prototipe KLJ versi saya dan kelompok saya :





kami juga membuat versi kedua yaitu yang versi kaleng rokok,untuk soal kerumitan kamera lubang jarum versi ini lebih sedikit,mungkin kalau menurut saya hanya pada proses pembuatan luang pada kaleng karena harus dibor.Namun selebihnya hampir mirip dengan yang versi tempat korek api.Kemudian pada saat pengambilan gambar(pemotretan),kendala yang dihadapi juga sedikit,hanya terbatas pada situasi lingkungan karena butuh pencahayaan yang tepat sehingga bisa menghasilkan gambar yang akurat meski blur.Selain itu benda yang dipotret harus dalam keadaan diam,karena jika dalam keadaan bergerak atau ada benda lain yang bergerak lewat didepannya,maka pada hasil foto akan terlihat seperti sekelebat bayangan yang kabur yang nantinya akan mempengaruhi hasil gambar.

Pada intinya kamera lubang jarum telah memberikan saya wawasan dan dunia baru yang cukup menarik karena kita dapat membuat kamera sederhana yang cukup bagus dan unik walaupun tak secanggih kamera-kamera pabrikan.Dari bahan-bahan yang sederhana bisa menciptakan sebuah kamera sederhana yang bersumber dari kamera obscura zaman dahulu(biasa disebut kamar gelap) sungguh merupakan pengalaman unik yang takkan saya bisa lupakan.Dan menurut saya kamera lubang jarum sangat menarik dan cukup unik untuk dipelajari.Sebuah dunia baru tentang kamera sederhana dari bahan yang sederhana yang bersumber dari prinsip kerja kamar gelap dan kamera obscura,sungguh unik dan menarik.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar